touch every thought with your heart
and u'll see something that was you won in your life

Berbagi Itu Indah

Kamis 26 Maret 2007
Panti asuhan Al-Hikmah merupakan salah satu panti asuhan yang terletak di perbatasan Kota Semarang dan kabupaten Kendal. Tepatnya di wilayah Desa Polaman Kec. Mijen Kab. Semarang. Terdapat sekitar 60 santri yang bertempat tinggal di Panti Asuhan tersebut. Dan Alhamdulillah semua santri mendapatkan tempat tinggal dan pendidikan gratis sampai dengan mereka purna Asuh.
Dengan kehidupan Panti Asuhan semi Pondok Pesantren, tempat ini merupakan salah satu tempat yang menurut saya sangat berpotensi dalam mendidik anak-anak yang mungkin mempunyai latar belakang keluarga yang kurang beruntung. Selain diberikan pendidikan formal, adik-adik yang nyantri di tempat ini juga dibekali dengan ilmu agama untuk bekal di kehidupan yang semakin maju ini dan agar mereka tetap dekat dengan sang Khaliq.
Akan tetapi karena mungkin tempatnya yang agak terpencil atau sebab lain, fasilitas bantuan yang diberikan oleh pemerintah juga kurnag memadahi sehingga adik-adik yang nyantri di tempat ini juga perlu mendapatkan bekal keahlian lain sehingga mereka dapat menjadi manusia yang mandiri setelah purna asuh.
Hal inilah yang kemudian mendorong saya dan teman-teman satu tim PKMM mengajukan Program Kreativitas Mahasiswa yang mengambil tema pemberian bekal bagi adik-adik yang di asuh di Panti asuhan tersebut.
Alhamdulillah, program kami disetujui. Dengan lancar kami memulai kegiatan setiap minggu di Panti Asuhan tersebut. Dan yang lebih membuat kami bahagia adalah bapak Umar dan Keluarga besar selaku pemilik yayasan Al-Hikmah sangat menerima kami dengan tangan terbuka. Begitupula adik-adik yang nyantri di tempat tersebut juga menyambut kami dengan hangat setiap minggunya. Dan Alhamdulillah kegiatan kami sudah memasuki minggu ke empat.
Pelatihan yang kami lakukan meliputi dua bagian yakni Pelatihan Pembuatan PIN dan Pelatihan Pembuatan Makanan Ringan. Untuk santri putera kami berikan pelatihan Ms Office dan Pembuatan PIN menggunakan Corell Draw. Sedangkan bagi santri puteri kami berikan pelatihan pembuatan makanan ringan yang mempunyai potensi layak jual.
Karena asrama putera dan asrama puteri yang terpisah, dan beberapa kendala lain yang kami hadapi diantaranya computer yang tersedia tidak mencukupi untuk jumlah murid yang ada (hanya ada sekitar enam unit computer Pentium II dan III yang tidak memungkinkan diinstall program macem-macem). Jadi kami harus pintar-pintar memanage bagaimana caranya agar semua santri dapat mendapatkan ilmu yang sama. Terharu sekali rasanya melihat mereka begitu semangat berlatih walaupun yang dipegang hanyalah computer Pentium III. (Apalagi mengingat jaman sekarang laptop bukan lagi menjadi barang langka).
Sedangkan adik-adik santri puteri, wah…seru sekali mereka ketika dibuat kelompok-kelompok memasak. Mereka berlomba-lomba membuat makanan ringan bak koki professional. Saking semangatnya ada yang sampai kakinya terciprat minyak panas. Duh…adeku…hati-hati ya dek…
Sungguh, seandainya saja kegiiatan kami tidak terbatas pada dana dan waktu, tentu kami akan terus intensif melakukan kegiatan tersebut. Agar adek-adek kami yang berada di sana dapat mempunyai bekal hidup yang cukup. Meskipun ilmu yang kami bagi hanya sedikit sekali. Do’a kami semua, semoga ilmu kami bermanfaat dan semoga kami dapat terus melakukan kegiatan seperti ini untuk mereka. Amin…
Ayo…sahabat…kalian juga harus mencoba pengalaman kami, tidak kalah menarik lho dibandingkan kita membuang waktu dan uang buat jalan-jalan ke Mall…Karena berbagi itu indah….
0 komentar:

Followers

Mengenai Saya

Foto saya
Hanyalah ibu dari kedua adik laki-lakiku Yang mencoba untuk tetap bersyukur, atas segala hal yang telah Tuhan anugerahkan Kepadaku. Dan yang terus berusaha mewujudkan mimpi, membina sebuah keluarga kecil yang hidup dalam kejujuran dan cinta...

Arsip Blog