touch every thought with your heart
and u'll see something that was you won in your life

“Indera Keenam” Seorang Wanita dan “Mata Ketiga” Seorang Pria

“Hai manusia! Sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian saling kenal” (QS Al-Hujurat[49]: 13)
Allah SWT telah menciptakan segalanya begitu berharga. Seperti diciptakannya manusia yakni laki-laki dan perempuan dengan segala perbedaan-perbedaan yang begitu istimewa diantara keduanya. Termasuk salah satu perbedaan yang istimewa tersebut adalah “indera keenam”nya wanita dan ”mata ketiga”nya laki-laki.
Mau tahu apa yang dimaksud dengan “indera keenam”nya wanita dan ”mata ketiga”nya laki-laki? Ok…sebelumnya, kita kenali dulu yuk…apa ja yang “istimewa” pada diri kita…
Dari sononya emang uda diset secara berbeda.
“Anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan.” (QS Ali ‘Imran [3]: 36)
Nah lo…di Al Qur’an ja uda jelas bahwa laki-laki dan perempuan itu memang beda. Akan tetapi jelas perbedaan tersebut pastilah memiliki fungsi masing-masing. Hm…menurut bebrapa penelitian ney… ternyata dari mulai cara memandang, cara mendengar, sampe cara menggunakan indera perasa dan pencium….wah…Subhanallah…believe its or not,emang jauh….banget bedanya! Makannya, gak jarang kita jumpai terkadang sama teman aja bisa jadi bête and debat yang terkadang gak perlu didebatin, cuma gara-gara beda aja cara memandang segala sesuatu.
Tapi perbedaan itu rahmat sahabatku…jangan lantas menjadi bingung. Duh…gimana ya cara ngadepin si anu yang cerewet, si itu yang keras kepala and gak sensitive…dll. Ya salah satu caranya, kita coba belajar mengenali perbedaan yang ada, trus memahami bahwa memang uda dari dulu bahwa seringkali seseorang lebih ingin dimengerti daripada harus mengerti orang lain, nah makannya kita mesti jadi orang yang mau mengerti orang lain. Kan di salah satu Hadist juga disebutkan :
“Dari Abu Hamzah, Anas bin Malik radiallahuanhu, pembantu Rasulullah SAW dari Rasulullah SAW, beliau bersabda: Tidak beriman salah seorang diantara kamu hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.” (Riwayat Bukhori dan Muslim)
Perbedaan Cara Memandang Sesuatu
Menurut Penelitian Allan & Barbara Pease, dalam bukunya Why Men Does’n Listen and Women can’t Read Maps (2006:35-36), jangkauan pandangan mata wanita itu “lebar” banget, lebih dari 180 derajad. Karena itu wanita dapat melihat sekeliling secara sekilas tanpa harus memutar kepala.(ck…ck..ck…Subhanallah…Makannya gak heran kalo cewek lebih bisa melihat barang yang akan dibeli walaupun letaknya nyelempit di tengah-tengah rak. Cuma cewek yang bisa euy…!). Akan tetapi, meskipun punya pandangan lebar, wanita cenderung buta arah, seringkali dia bingung jika menentukan sesuatu yang mungkin dianggap para pria merupakan sesuatu yang sepele, misalkan aja ni ya yang simple aja kayak nentuin kanan kiri.(Nah lo…gimana bisa membaca peta, kiri kanan aja masih bingung??).
Nah…kalo pria…biasanya cenderung gini ney…
Lalaki jangkauan pandangan matanya “sempit” (terfokus) sekitar 45 derajad atau kurang. Makannya, gak jarang pria memandang sesuatu secara tajam.(Makannya, kalo ada cowok memandang kamu-kamu yang cewek jangan GR dulu yah…)
Perbedaan Cara Mendengar
Di telinga pria, suara orang-orang biasanya hanya terdiri dari tiga macam, yaitu : rendah, sedang dan tinggi. (Makannya untuk ngomong ama cowok, kita mesti berbicara dengan jelas dan jangan terlalu cepat karena umumnya buat para cowok, yang terpenting )Namun, wanita ngedengerin suara secara lebih rinci, seperti : tangis bayi, anak kucing mengeong, air menetes, de el el.(Makannya, kalo kamu cowok mesti bersabar deh buat menyampaikan sesuatu ke cewek, kan buat mereka adalah gimana cara kamu buat nyampein sesuatu).
Perbedaan Cara Penggunaan Indera Perasa dan Pencium
Nah yang gak kalah penting, and yang perlu kamu tahu hey para pria…hehe…menurut penelitian, ternyata seorang wanitacenderung mengenali lawan jenisnya lewat aromanya (and yang lebih “keren” lagi, bahkan wanita dapat segera tahu kalau ada seorang pria yang mengganti parfumnya, hanya dalam waktu satu jam coba!!ck…ck..ck..). Makannya buat kamu-kamu yang ngerasa sebagai cowok, kalo pengen gak dijauhi temen-temen terutama yang cewek tuh, jaga deh kondisi aroma kalian, maksudnya seh kamu gak perlu wangi nyampe jarak semester aja udah kecium baunya (ntar yang ada malah pada ilfil ) tapi minimal menjaga kebersihan gitu…eits begitu juga para cewek, jangan “Lebai” ya kalo pake parfum...
Kalo indera perasa, yang jelas wanita lebih sensitive terhadap rasa manis dan asin. Lha kalo pria??sebaliknya, mereka cenderung lebih peka terhadap rasa pahit dan asin.
“Indera Keenam” Seorang Wanita
Mungkin hanya beberapa orang yang sadar, bahwa sebenarnya seorang wanita mempunyai “indera keenam”. Apaan itu ya….yups ternyata wanita mempunyai perasaan yang jauuuh….lebih sensitive terhadap sesuatu. Termasuk mengetahui kondisi seseorang yang berada di dekatnya. Saking sensitivenya terkadang tanpa diminta tiba-tiba aja dia udah mendekati seseorang yang saat itu sedang bingung atau sedih.
Hal ini sangat berbeda dengan seorang pria. Bahkan sepeka apapun seorang pria ternyata dia tidak jauh lebih peka dibandingkan dengan seorang wanita yang tidak terlalu peka. Makannya gak heran kalo cowok malah sering yah bisa dikatakan cuek beybeh… (hayo, ngerasa gak tuh yang cowok?).
Yah, karena kekurang sensitifnya pria itulah mengapa mereka cenderung tidak akan tahu gimana perasaan orang-orang terdekat mereka tanpa diberitahukan oleh orang lain. Dan mungkin karena itu pula, pria cenderung lebih baik diam and menyendiri jika punya masalah. Beda dengan wanita yang lebih sering menceritakan kesulitan yang dihadapi kepada orang terdekatnya. Walaupun sebenarnyalebih sering mereka bercerita dengan tujuan hanya ingin didengarkan saja. Tanpa harus dinasehati, kalo mereka minta nasehat, baru deh dikasih saran.(emang agak ribet she ngadepin cewek, but trust me its just need little time karena cewek akan lebih tegar setelah ia menceritakan masalahnya, apalagi kalo kita kasih semangat dia dengan kata-kata simpati).
“Mata Ketiga” Seorang Pria
Kalo wanita punya “indera keenam” maka pria punya “mata ketiga”.(Kan Allah Maha Adil…Betul??).
Buat kamu-kamu para wanita, pernah tidak memperhatikan dengan seksama ketika kamu memarkirkan motor di tempat parkir? Pasti kamu bakalan menemuakan sesuatu yang unuk. Yups…tepat banget!.. Cowok emang lebih ahli tuh…, trus pernah enggak kamu kebingungan baca peta, eh…dengan mudahnya cowok disebelahmu malah udah ngeh trus nunjukin jalannya buat kamu??.
Nah disinilah letak “mata ketiga”nya para pria. Ternyata setelah diadakan beberapa penelitian, terbukti bahwa cowok lebih dapat menggunakan logika mereka. Setelah diadakan scanning otak, ternyata kemampuan “mata ketiga” para pria adalah terletak pada otak kanan mereka. Kekuatan mereka inilah yang membantu mereka dalam memperkirakan berapa kekuatan yang harus mereka keluarkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Termasuk juga menentukan arah dan memperkirakan tata ruang.
Dan satu lagi ney, mungkin karena kemampuan “mata ketiga” itulah mereka cenderung lebih suka membaur dengan alam. (Makannya…Pecinta Alam yang suka naek gunung itu tu…kebanyakan adalah kaum Adam). Selain itu, adalagi ney fungsinya yang udah jelas disebutkan dalam Al Qur’an :
“Laki-laki adalah pengarah perempuan karena Allah telah memberikan kelebihan pada yang satu atas yang lain. …Sungguh Allah Mahatinggi,Mahaagung”(QS An-Nisa’ [4]:34)
Nah dari sini kita tahu and yakin kan ternyata memang Allah benar-benar Mahaadil atas segala sesuatu. Kita diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dan pahamilah…bahwa sebenarnya perbedaan itulah yang kelak akan menyatukan kita.
Sumber:
M.Shodiq Mustika & Krisnina Rihardini. 2007.Ta’aruf Forefer.Semarang:Qudsi Media.
0 komentar:

Followers

Mengenai Saya

Foto saya
Hanyalah ibu dari kedua adik laki-lakiku Yang mencoba untuk tetap bersyukur, atas segala hal yang telah Tuhan anugerahkan Kepadaku. Dan yang terus berusaha mewujudkan mimpi, membina sebuah keluarga kecil yang hidup dalam kejujuran dan cinta...

Arsip Blog